Simple Present Tense merupakan tenses Bahasa Inggris yang digunakan untuk mengeskpresikan aktifitas/kegiatan yang menjadi rutinitas berulang-ulang. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:
· Digunakan untuk menyatakan Kebenaran umum(general truth)
1. The sun sunsets in the west
2. Water drifts from the higher place to the the lower one.
3. The moon is round like a ball
4. Indonesia has two seasons, Wet and dry seasons.
· Digunakan untuk menyatakan kebiasaan yang berulang(Habitual actions)
1. I teach English at MTs Darul Hikmah every Monday, Tuesday and Thursday.
2. Mother has lunch at 01 p.m.
3. They play football in the afternoon.
4. We take a bath twice a day.
· Digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sudah direncanakan atau terjadwal.
1. The course begins at nine o’clock.
2. She meets her fans on Sunday
3. When does the match start?
· Digunakan untuk untuk menyatakan kegiatan yang terjadi sekarang.
1. I sit beside you
2. He is in his bedroom now.
3. They have much money
Simple Present memiliki dua bentuk kalimat yaitu Kalimat nominal dan kalimat verbal. Kalimat Nominal adalah Kalimat yang di dalamnya tidak terdapat verb. Di dalam kalimat nominal biasanya terdapat adjective, noun, adverb dll. Sedangkan kalimat verbal adalah kalimat yang di dalamnya terdapat verb.
Contoh Kalimat nominal:
1. My mother is happy.
2. He is handsome.
3. We are in the classroom.
4. Arman is a doctor.
Contoh Kalimat Verbal:
1. My father goes to his office by car.
2. The cat catches the mouse everyday.
3. Buffaloes eat grass.
4. Shinta makes a cake on Wednesday.
5. They visit their friend every Sunday.
Rumus untuk Kalimat Nominal:
Affirmative/positif (+): S + to be + adj/noun/adverb
Negative: (-): S + to be + not + adj/noun/adverb
Interogative/Question (?): To be + S + adj/noun/adverb?
Subject: I menggunakan to be am
Subject: You, we, they menggunakan are
Subject: He, she, it menggunakan is
Rumus kalimat verbal :
Affirmative/positif (+):
S + V1 + O + adv + …
Negative: (-):
S + V1 + does not/do not + O + adv + …
Interogative/Question (?):
Does/do + S +V1 + O + Adv + …
o He, she it kata kerjanya(V1) ditambah s/es
o I, you we, they kata kerjanya(V1) masih utuh
o Untuk membuat kalimat negative maupun pertanyaan digunakan kata bantu do/does
o Untuk Subject He, she, it kata kerjanya tanpa s/es di dalam kalimat negative maupun pertanyaan.
Contoh Penggunaan kalimat nominal dan verbal dengan bentuk negative dan interrogative.
1. Aryo Yoso is a teacher.
(-)Aryo Yoso is not a teacher.
(?) Is Aryo Yoso a teacher? Yes, he is atau No, he is not (isn't).
2. We are sad to hear the news.
We are not sad to hear the news.
Are we sad to hear the news?
3. Ronaldo kicks the ball beautifully.
Ronaldo does not kick the ball beautifully.
Does Ronaldo kick the ball beautifully?
4. They go to Bali every year.
They don’t go to Bali evey year.
Do they go to Bali every year? Yes, They do atau No, they do not (don't)
Aturan kata kerja untuk orang ketiga tunggal He, she it yang ditambah akhiran s/es:
1. Verb (kata kerja) yang berakhiran -s, -sh, -ch, -x, -z, atau -o
mendapatkan akhiran -es.
mendapatkan akhiran -es.
Contoh:
Guess menjadi goes
Wash menjadi washes
Watch menjadi watches
Go menjadi goes
Etc.
2. Verb (kata kerja) yang berakhiran -y, yang didahului oleh
huruf mati (consonant) mendapatkan akhiran -es
dengan merubah akhiran -y menjadi -i.
huruf mati (consonant) mendapatkan akhiran -es
dengan merubah akhiran -y menjadi -i.
Contoh:
Dye menjadi dies
Cry menjadi cries
Study menjadi studies
3. Verb (kata kerja) yang berakhiran -y, yang didahului oleh huruf hidup (vowel), medapatkan akhiran -s dengan tidak mengubah akhiran -y menjadi –i
Contoh:
Stay menjadi stays
Enjoy menjadi enjoys
4. Selain aturan Verb (kata kerja) di atas, mendapatkan akhiran -s.
Contoh:
Sing menjadi sings
Cook menjadi cooks
Read menjadi reads
Etc.
5. Khusus untuk verb Have berubah menjadi has jika menggunakan subject Orang ketiga tunggal seperti: He, she dan it.
materi ini diambil dari http://bahasainggrissmp-mts.blogspot.com/
materi ini diambil dari http://bahasainggrissmp-mts.blogspot.com/
No comments:
Post a Comment